Panen Porang bersama Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Pertanian, dan Gubernur Jawa Timur

0
1985
Menko PMK bersama Menteri Pertanian dan Gubernur Jawa Timur didampingi Bupati Madiun melakukan Panen Porang di DesaKlangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun
Menko PMK bersama Menteri Pertanian dan Gubernur Jawa Timur didampingi Bupati Madiun melakukan Panen Porang di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun

Menteri Koodinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Turut hadir pada kunjungan kerja tersebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, dan Kepala Dinas Kehutanan. Hadir pula Bupati Madiun Ahmad Dawami.

Kunjungan kerja dilaksanakan di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Dalam kunjungan kerja tersebut, dilakukan Panen Bersama Tanaman Porang, komoditas yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan karena harga jualnya yang cukup tinggi dan budidayanya pun cukup mudah.

Kunjungan kerja ini merupakan bukti kepedulian atau dukungan pemerintah, baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten dalam pengembangan komoditas pertanian, khususnya porang.

Tanaman porang (Amorphophallus muelleri) merupakan tanaman asli daerah tropis, khususnya Indonesia dan tumbuh sebagai tumbuhan semak (herba) yang produksinya berupa umbi dengan kandungan polysacharida (glucomanan) yang tinggi. Tanaman ini mampu tumbuh di jenis tanah apa saja mulai dari ketinggian 0 hingga 700 mdpl, dapat dibudidayakan di hutan di bawah naungan tegakan pohon dan tanaman lain serta memiliki nilai toleran naungan 60%.

Menteri Pertanian mengunjungi salah satu Pabrik Pemrosesan Porang di Madiun
Menteri Pertanian mengunjungi salah satu Pabrik Pemrosesan Porang di Madiun

Manfaat dari porang adalah sebagai bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, bahan pembuatan lem dan “jelly“ serta sebagai pembuatan komponen pesawat terbang sedangkan manfaat yang lain dari porang adalah untuk menekan peningkatan kadar glukosa darah, mengurangi kadar kolesterol, kaya akan serat, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi kegemukkan hingga kencing manis. Makanan yang berasal dari umbi porang banyak disukai oleh masyarakat jepang untuk makanan khas jepang berupa beras/mie (shirataki) dan tahu (konjagu).

Di Jawa Timur sendiri, luas lahan existing tanaman porang adalah seluas 22.021,01 hektar yang berada di 17 kabupaten.

Pada Tahun 2020, pengembangan porang di Jawa Timur dilaksanakan melalui 2 (dua) kegiatan yaitu : Pilot Project Kebun Bibit Porang seluas 15 hektar dengan lokasi di Kabupaten Madiun (15 hektar), Tulungagung dan Probolingo masing-masing 1 hektar. Kegiatan yang kedua adalah Pengembangan Porang seluas 10.700,24 ha yang dialokasi di 12 kabupaten (Madiun, Lamongan, Malang, Situbondo, Trenggalek, Banyuwangi, Jombang, Bojonegoro, Ponorogo, Lumajang, Sumenep dan Pacitan). Kegiatan ini dianggari melalui APBN Tahun 2020.

Tahun 2021 Jawa Timur mendapat alokasi kegiatan pengembangan porang melalui anggaran APBN (Satker Pusat) seluas 1.500 hektar yang dialokasikan di 11 kabupaten (Ponorogo, Trenggalek, Blitar, Malang, Probolinggo, Pasuruan,  Mojokerto, Nganjuk, Madiun, Bojonegoro dan Pamekasan). (DipertaKP Jatim)