Berita

Dragon Fruit, Si Buah Bersisik Dragon Fruit, Si Buah Bersisik
Thursday, 12 November 2015 10:16
Buah Naga atau Dragon Fruit merupakan tanaman sejenis kaktus. Tanaman ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara Colombia. Di Daerah asalnya buah naga terkenal dengan sebutan pitahaya ataup... Selengkapnya
Teknologi Pertanian Modern Meningkatkan Minat Generasi Muda di Bidang Pertanian Teknologi Pertanian Modern Meningkatkan Minat Generasi Muda di Bidang Pertanian
Thursday, 12 November 2015 10:32
  Gelar Teknologi Pertanian Modern dalam rangka Peringatan Satu Tahun Kinerja Kementerian Pertanian di bawah Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-JK telah dilaksanakan pada hari Selasa 20 Oktober 2015 di desa Gardu Mukti, kecam... Selengkapnya

Dragon Fruit, Si Buah Bersisik

Hasil gambar untuk buah nagaBuah Naga atau Dragon Fruit merupakan tanaman sejenis kaktus. Tanaman ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara Colombia. Di Daerah asalnya buah naga terkenal dengan sebutan pitahaya ataupita roja. Tanaman Buah Naga awalnya dipergunakan sebagai tanaman hias karena sosoknya yang uni, eksotik serta tampilan bunga dan buahnya yang cantik.

Buah Naga ini kaya akan vitamin dan mineral dengan 48% - 75% mempunyai kandungan energy. Buah Naga dikenal di Indonesia impor dari Thailand pada tahun 90-an, dan mulai dibudiyakan di Indonesia pada tahun 2.000-an.

INDRA RASA KURNIA UD. INDRA RASA KURNIA merupakan salah satu pembudidaya dan pengolah Buah Naga yang ada di Desa Talangagung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Owner dari UD. INDRA RASA KURNIA yaitu H. Sukirno Adianto, yang mana  Mulai Tahun 2.007 mulai menanam Buah Naga di Desa Kromengan, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang, seluas kurang lebih 6.000 m2, sebanyak 3.300 batang atau 825 tiang cor beton. Tahun berikutnya mengembangkan lagi di Desa Talangagung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, seluas 2.000 m2, sebanyak 1.280 batang atau 320 tiang cor beton. Selanjunya UD. INDRA RASA KURNIA pada tahun 2.010 mengembangkan lagi di Desa Palaan, Kecamatan Ngajum,seluas kurang lebih 5.000 m2 sebanyak 3.000 batang atau 750 tiang cor beton.

Secara keseluruhan luas kebun UD. INDRA RASA KURNIA, seluas 13.000 m2 yang ditanami 7.580 batang, dalam satu tahun, panen sekali, masa panen selama 6 bulan yaitu biasanya mulai turun hujan pada bulan Oktober/November, awal bulan Desember mulai panen, selanjutnya bulan Januari sampai dengan bulan Mei berakhir. Satu kali panen kuraBUAH NAGA H. SUKIRNOng lebih 1,5 ton, selama satu musim panen buah naga 1,5 ton x 6 kali = 9 ton dalam satu tahun. Yang menonjol dan perlu menjadi nilai lebih dari Buah Naga produksi dari UD. INDRA RASA KURNIA yaitu dalam budidayanya sudah tidak menggunakan pupuk kimia yang berbahaya bagi kesehatan melainkan sudah dibudidayakan secara organik bebas dari pestisida, sehingga buahnya lebih segar, lebih manis dan tahan lama.

UD. INDRA RASA KURNIA selain menjual produksi Buah Naga secara segar, 50 % nya dilakukan pengolahan menjadi beberapa macam produk olahan Buah Naga, yaitu Minuman Buah Naga, Sirup Buah Naga, Opak Gambir Buah , Selai Buah Naga dan kulit Buah Naga yang diolah menjadi bubuk serat kulit Buah Naga. Karena Buah Naga tersebut telah dibudidayakan secara organik sejak awal tanam, sehingga mempunyai umur simpan yang panjang dan tidak mudah busuk. Pemasaran hasil produksinya selain ke  Supermarket dan masyarakat sekitar juga sudah mulai masuk ke Provinsi Lain seperti Makassar, Bandung dan Jakarta. Merk Dagang dari olahan Buah Naga produksi dari UD. INDRA RASA KURNIA yaitu NAGA RASA.

Pusat Download

Agenda

No events

Support

Admin_1
Admin_2